MyCSSMenu Save Document [+] Open Visual Interface

Senin, 09 Januari 2012

"STARTING ELEVEN" Pemain Keturunan Indonesia yang Bermain di Club Luar

Share on :

share

       Mungkin kita semua sudah tahu bahwa banyak sekali pemain-pemain berdarah Indonesia yang merumput di club luar negeri. Namun apabila kita berandai-andai menyeleksi mereka menjadi 11 pemain berdarah Indonesia yang tergabung kedalam skuad utama Timnas Indonesia, mungkin akan menjadi tim yang disegani oleh lawan.
      Berdasarkan pengamatan dan analisis dari berbagai sumber, inilah "STARTING ELEVEN" pemain berdarah Indonesia yang bermain di club luar versi penulis :

-KIPER
       Donovan Partosubroto, pemain ini berposisi sebagai kiper. Dia kini bermain di Ajax Junior. Sejak usia delapan tahun dia sudah dilirik oleh tim pencari bakat Ajax. Kini dia berusia 18 tahun. Ayahnya merupakan orang Jawa Indonesia yang beristrikan warga negara Belanda. Donovan mempunyai kembaran yang juga seorang pemain bola, namanya Vincent Partosubroto. Vincent adalah seorang penyerang, dia bermain di Klub FC Hoofdorp.

-BEK KIRI
       Jeffrey Leiwakabessy (lahir di Elst, Overbetuwe, 23 Februari 1981; umur 30 tahun) adalah bek kiri sepak bola Belanda keturunan Maluku yang sekarang bermain untuk Anorthosis Famagusta FC.Leiwakabessy memainkan musim profesional pertamanya dengan NEC Nijmegen. Antara tahun 2006–2007, ia pindah ke Alemannia Aachen, yang kembali ke divisi pertama Jerman setelah absen selama 4 dasawarsa. Leiwakabessy muncul di 34 pertandingan selama musim tersebut, namun tak dapat mencegah pembuangan segera. Setelah lebih dari 1 musim di Aachen, Leiwakabessy bergabung dengan Anorthosis Famagusta FC di Divisi Pertama Siprus.Ia terus muncul dalam 12 pertandingan Liga Champions UEFA. Dia juga sudah beberapa kali memperkuat timnas U21 Belanda.

 -BEK TENGAH KIRI
       Ard van Peppen adalah pemain keturunan Indonesia Belanda yang menjadi kapten di RKC Waalwijk. Ibunya asal Jakarta dan ayah Belanda. Lahir di Delft, 26 Juni 1985 dan punya pemikiran bahwa kalau para pemain keturunan dikumpulkan untuk memperkuat timnas Indonesia. Menurut djenolgoal ini luar biasa!

-BEK TENGAH KANAN
       John Gijsbert Alan Heitinga (lahir di Alphen aan den Rijn, 15 November 1983; umur 28 tahun) adalah pemain sepak bola profesional asal Belanda yang bermain sebagai bek tengah untuk Everton di Liga Primer Inggris dan tim nasional Belanda. Heitinga mengawali karier di akademi sepakbola ARC dan Ajax. Selain sebagai bek tengah, ia juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Heitinga pernah bermain untuk Ajax dan Atlético Madrid sebelum bergabung dengan Everton pada September 2009. Ia memperkuat timnas Belanda di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010. Ronald Heitinga, paman Johnny dalam bincang telepon dengan Radio Nederland membenarkan ke-Indonesiaan ini. Gijsbert Johannes Heitinga kakek John berasal dari Pulau Belitung. Rob ayah John lahir di Jakarta. Keluarga besar Heitinga hijrah ke Belanda akhir tahun 1950an. "Kami enam bersaudara semuanya laki-laki. Empat lahir di Jakarta dan dua di Belanda. Kami pindah ke Belanda tahun 1959."

 -BEK KANAN
       Tom Jan Hiariej (lahir di Winschoot, 25 September 1988; umur 23 tahun) adalah pemain sepak bola Belanda yang sekarang bermain di Football Club Groningen, tempatnya memulai karier profesional. Putera dari ayah Maluku dan ibu Belanda ini memulai debut tim profesional pertamanya pada tahun 2007 dengan FC Groningen di bawah pelatih kepala Ron Jans. Hiariej juga pemain muda Belanda yang mendunia; ia telah bermain untuk beberapa tim yunior. Ia juga ikut dalam tim Belanda U-17, yang akhirnya masuk babak ketiga di Piala Dunia untuk Bawah 17 Tahun di Peru pada tahun 2005. Pelatih Belanda U-17 Rudolph Hendrick Kaiser amat terkesan dengan bek muda ini. Sebelum Piala Dunia U-17 FIFA di Peru, Ruud Kaiser berkata tentang Hiariej:“    "Saat bermain untuk timnya, Hiariej menjadi bek tengah, namun di sini ia bermain di kanan-belakang. Ia berbakat dan gesit. Ia juga berkualitas dalam menyerang; ia melihat kesempatan". Dalam pertandingan melawan N.E.C. Nijmegen (23 Januari 2008), Tom Hiariej mencetak gol pertamanya untuk FC Groningen.

-GELANDANG BERTAHAN
       Denny Domingoes Landzaat, lahir pada 6 Mei 1976 di Amsterdam. Tinggi badan: 178 cm, berat 70 kg. Klub Ajax, MVV Maastricht, Willem II, AZ Alkmaar, Wigan Athletic (Inggris), sekarang Feyenoord. Posisi: Tengah. Kaki kanan dan kirinya sama-sama ampuh. Nomor punggung: 19 di Feyenoord, 6 di Oranje. Masa kecilnya dihabiskan bersama orang tuanya di Rivierenbuurt Amsterdam. Ibu Denny berdarah Maluku dari keluarga besar 14 anak dan ayahnya orang Belanda.

-GELANDANG SERANG KIRI
       Giovanni Christiaan van Bronckhorst (dipanggil Gio, lahir di Rotterdam, Belanda, 5 Mei 1975) adalah seorang pemain sepak bola dari Belanda. Sejak tahun 2003 ia bermain di Feyenoord Rotterdam di Eredivisie. Ia biasanya berposisi sebagai pemain tengah atau pemain bertahan. Ia ditransfer dari FC Barcelona ke Feyenoord setelah dia membawa Barcelona juara Liga Champions tahun 2006. Di Feyenoord ia dipercaya menjadi kapten. Ia memperkuat Belanda pada berbagai turnamen peringkat internasional sejak Piala Dunia FIFA 1998 hingga Piala Dunia FIFA 2010. Pada timnas Piala Dunia 2010 ia dipercaya sebagai kapten. Dia membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 dengan enam kemenangan berturut-turut selama kualifikasi. Di final, Belanda kalah dari Spanyol dengan skor 1-0. Setelah Piala Dunia 2010, Van Bronckhorst memutuskan untuk pensiun dan hanya menjalani karier di Feyenoord. Van Bronckhorst adalah salah satu dari beberapa pemain dalam tim nasional Belanda keturunan Indonesia. Ayahnya, Victor van Bronckhorst adalah seorang Indo sementara ibunya Fransien Sapulette berasal dari Saparua, Maluku. Ia masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur, walaupun ia tidak benar-benar menguasai seluruh kosakata yang ada dalam Bahasa Indonesia.
                                     -GELANDANG SERANG KANAN 
       Radja Nainggolan, Pemain berdarah Indonesia ini diboyong Cagliari dengan status pinjaman dari Piancenza. Radja memang sempat menjadi buah bibir di Liga Italia saat dikabarkan akan diboyong oleh AS Roma. Namun Cagliari rupanya yang mendapatkan gelandang berusia 21 tahun ini dalam bagian pertukaran dengan Mikhail Sivakov. Cagliari telah resmi meminjamnya hingga akhir musim namun punya opsi untuk mempermanenkan kontraknya. Radja pun mengaku senang dengan kesepakatan ini dan berharap bisa bermain baik di klub Seri A ini. Ayahnya, Marianus, adalah pria berdarah Batak yang menjadi pengusaha di Bali dan ibunya, Lizi Bogaerd berkewanegaraan Belgia. Meski berdarah Indonesia, sayang sekali Radja saat ini tercatat sebagai anggota timnas Belgia U-21. Sekarang Radja Nainggolan menjadi incaran club raksasa seperti AC Milan dan Real Madrid.
-PENYERANG KIRI
      Robin van Persie (lahir di Rotterdam, Belanda, 6 Agustus 1983; umur 28 tahun) adalah penyerang tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 183 cm dan bermain di Inggris FA Premier League untuk tim Arsenal. Ia termasuk anggota Timnas Belanda yang memperkuat negara tersebut di Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan Piala Dunia 2010. Van Persie merupakan pemain keturunan Indonesia, darah Indonesia diperoleh dari neneknya yang orang indonesia asli Jawa.. Ia menjadi seorang mualaf setelah menikahi gadis Maroko.
                   
 -PENYERANG TENGAH
       Jhon van Beukering (lahir 29 September 1983 di Velp, Gelderland) adalah seorang pemain sepak bola Belanda dari keturunan Indonesia, garis keturunan didapatkan dari sang kakek asal Maluku. Saat ini ia bermain untuk Pelita Jaya di Liga Super Indonesia 2011-12. Dia biasa berposisi sebagai striker. Setelah bermain untuk beberapa sisi amatir, Vitesse melihat bakatnya, dan tertarik akademi remaja Vitesse setelah beberapa penampilkan besar dalam tim remaja De Graafschap. Pada musim 2000/2001 ia membuat debut pertama untuk skuad utama Vitesse. Van Beukering mencetak 2 gol dalam 3 pertandingan ketika ia bermain dimusim itu. Musim berikutnya ia mendapat tempat dalam lineup awal untuk klub dan mencetak 3 gol. Pada musim 2002/2003 ia hampir tidak pernah dimainkan (hanya 6 kali), sehingga ia dipinjamkan ke FC Zwolle. Di FC Zwolle ia juga memainkan 6 pertandingan, mencetak 2 gol. Musim berikutnya pinjaman di FC Zwolle diperpanjang, dan Van Beukering mencetak 3 gol dalam 14 pertandingan.
                                                   
-PENYERANG KANAN
       Sergio van Dijk. Pencetak gol terbanyak kedua di Liga Australia yg neneknya asli Magelang Jawa Tengah, Serginho van Dijk, ingin menjelaskan dua hal: ia tidak memiliki pertalian apa pun dengan Brasil dan ia siap bermain untuk tim nasional Indonesia. Van Dijk lahir dan dibesarkan di Assen, Belanda. Asal-usul pemain kelahiran 6 Agustus, 1982 ini sempat membuat publik Australia dilanda kebimbangan, bahkan sejak pertama kali ia merumput bersama Queensland Roar, klub asal Brisbane, di A-League, kompetisi paling bergengsi di Benua Kanguru. van Dijk jelas ingin membuat kesalahpahaman itu menjadi terang-benderang. “Saya tak tahu-menahu darimana asal mula isu soal Brasil itu,” kata van Dijk kepada harian Sydney Morning Herald. “Saya sama sekali tak punya darah Brasil. Ayah saya dari Belanda, ibu saya orang Indonesia. Tentu saja nama saya berbau Brasil. Serginho diambil dari nama penyerang terkenal Brasil, Serginho Chulapa, pada Piala Dunia 1982. Saat itu saya baru saja lahir. Barangkali karena warna kulitku juga membuat orang jadi bingung,ujar pemain yg pernah membela klub Divisi Satu Belanda FC Groningen (1999-2002).

      Dan pelatih keturunan Indonesia yang pantas melatih  "STARTING ELEVEN" tersebut adalah Andre Wetsel. Beliau dilahirkan di kota buaya, Surabaya, 56 tahun silam. Saat ini dirinya menjabat sebagai pelatih kepala di klub VVV-Venlo. Klub ini memang tidak cukup terkenal, bahkan masuk dalam klub kecil di Belanda. Namun hebatnya, sentuhan tangan dingin Wetsel berhasil membawa VVV-Venlo untuk pertama kalinya dalam 13 tahun terakhir, lolos ke divisi utama Eredivisie. Bahkan dari serentetan pertandingan yang sudah dilakoninya musim ini, The Big Three (PSV, Ajax dan Feyenoord), berhasil ditahan imbang dengan skor 1-1,2-2, dan 0-0.
       Sekilas penampilannya mengingatkan kita kepada mantan Mendikbud RI beberapa tahun silam, Alm. Bapak Fuad Hasan. Andre Wetsel di masa mudanya, pernah bermain untuk HFC Haarlem, FC Amsterdam dan FC Den Haag. Karirnya sebagai pemain boleh dibilang tidak cukup sukses. Peruntungannya berbalik, ketika dirinya menjadi pelatih di FC Den Haag dan FC Den Bosch. KNVB pun kesengsem atas hasil polesannya, dan kemudian memboyongnya untuk menukangi “Jong Oranye” U-19, sebagai asisten pelatih.
VVV-Venlo, mengambil pilihan yang tepat kepada dirinya. Terbukti semenjak 2 periode (2005/2006-2006/2007), grafik peningkatan permainan, membawa klub tersebut ke kasta tertinggi Liga Sepakbola Belanda. 

3 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT…

    BalasHapus
  2. Thanks for giving your ideas with this blog. Furthermore, a delusion regarding the banking companies intentions if talking about foreclosure is that the loan company will not have my payments. internet There is a degree of time which the bank will need payments every now and then. If you are way too deep within the hole, they will commonly require that you pay that payment completely. However, that doesn't mean that they will not take any sort of payments at all. investigate this site
    When you and the lender can be capable to work some thing out, the foreclosure approach may stop. However, should you continue to skip payments in the new approach, the property foreclosure process can pick up from where it was left off. internet

    BalasHapus